buzz me..

tinggalin komentar kamu

Yani Nag Goenoenk

Create your badge
Free chat widget @ ShoutMix

Sponsor

Adsense Indonesia

Fitur Tambahan Google

Google terus mengembangkan fitur pada layanan e-mail gratisan Gmail. Untuk mereka yang gemar mencicipi teknologi baru, beberapa layanan eksperimen telah disiapkan Google.

Google boleh dibilang menggebrak dengan layanan yang bisa otomatis mendownload e-mail sehingga pengguna bisa membaca Gmail meskipun tidak terhubung ke internet. Efektif apa yang ditawarkan Google ini seakan menggantikan peran piranti lunak seperti Outlook atau Thunderbird.

Ternyata di luar itu masih banyak layanan yang bisa dinimati. Layanan ekstra di Gmail bisa dinikmati lewat fitur Labs yang berada pada halaman Settings di Gmail.

Salah satu layanan tersebut adalah layanan untuk berpikir 2 kali sebelum berkirim e-mail. Pengembang di Google seakan menyadari bahwa banyak orang mengirimkan email saat emosi mereka sedang labil. Baik karena mabuk atau kelelahan.

Akibat 'e-mail mabuk' tersebut, kerap terjadi insiden pengiriman e-mail yang di kemudian hari akan disesali. Untuk mengatasinya, Google menawarkan fitur bernama Mail Goggles.

Lewat Mail Googles, pengguna akan diberi ujian jika mengirimkan e-mail pada jam-jam tertentu (misalnya tengah malam atau dini hari). Ujian berupa soal matematika sederhana itu diharapkan bisa menghalangi pengguna yang sedang mabuk atau kelelahan. Karena, jika tak bisa menjawab maka e-mail tak bisa dikirimkan.

Selain layanan itu, terdapat juga layanan yang akan memberi peringatan pada pengguna jika lupa menyertakan attachment. Fitur Forgotten Attachment Detector melihat isi e-mail pengguna dan memberi peringatan jika disebutkan ada attachment dalam pesan namun belum ada attachment yang diunggah.

Belum cukup? Masih ada lagi, tak tanggung-tanggung ada sekitar 30 lebih fungsi eksperimen dalam Gmail. Mulai dari game ala Snake hingga mengirimkan SMS gratis (hanya bagi nomor ponsel Amerika Serikat).

Menurut comScore, pengunjung situs Google meningkat 32% atau lebih dari 774 juta pada 2008. Pencapaian ini mengungguli Yahoo yang hanya merangkul 16% atau 526,6 juta pengunjung. Sedangkan Microsoft naik 20% atau sekitar 647 juta pengunjung.


0 komentar: